Minggu, 09 Desember 2012

TUGASKU...

Apresiasi Terhadap Indonesia

Apresiasi Terhadap Indonesia “Aku cinta Indonesia” merupakan kalimat yang cukup sering kita ucapkan. Namun apakah kita sungguh-sungguh mencintai Indonesia berserta mahakaryanya?
Pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum benar-benar mencintai Indonesia. Salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah masih ditemukan wisatawan yang mengotori atau bahkan merusak tempat yang mereka kunjungi. Hal itu terjadi karena kurangnya kesadaran kita dalam menghargai mahakarya yang diciptakan oleh Sang Ilahi.
Tak kenal maka tak sayang. Dari peribahasa tersebut, ada satu hal yang bisa kita pelajari, yaitu sebelum mampu memberikan apresiasi, kita harus terlebih dulu mengetahui serta mengenal keistimewaan yang tersimpan di balik keindahan alam Indonesia.
Inilah beberapa fakta mengagumkan mengenai Indonesia:
Indonesia kaya akan suku bangsa
Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia, yaitu 740 suku bangsa atau etnis. Dengan jumlah suku yang begitu banyak, menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan. Meskipun demikian, semua suku bangsa di Indonesia mampu berkomunikasi dan bersatu dengan bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia.
Gunung Toba mempengaruhi iklim global

Letusan Gunung Toba ternyata menjadi penyebab perubahan iklim dunia. Gunung Toba yang merupakan supervolcano meletus sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu dan memuntahkan bahan-bahan vulkanik hingga 2.800 km3 dan abu vulkanik hingga 2.000 km3. Abu beserta debu vulkanik yang tertiup angin menyebar ke separuh bumi, mulai dari Cina hingga Afrika Selatan. Letusannya sendiri terjadi selama 1 minggu dengan lontaran abu mencapai 10 km di atas permukaan laut. Setelah letusan yang dahsyat itu, terbentuklah kaldera yang kemudian terisi air dan kini dikenal sebagai Danau Toba.
Garis Wallace berada di sepanjang Selat Makassar

Pulau Sulawesi telah berhasil memikat ilmuwan alam kebangsaan Inggris bernama Alfred Russel Wallace dengan keanekaragaman spesies endemis yang tak dapat ditemui di kepulauan Indonesia dan bahkan di negara lainnya. Tercatat ada 127 jenis mamalia Sulawesi yang 79 di antaranya merupakan spesies endemis, 328 jenis burung termasuk 88 spesies endemis dan 104 jenis reptilian dengan 29 spesies endemis. Keanekaragaman satwa yang luar biasa ini disebabkan oleh Garis Wallace, yang membagi Indonesia menjadi dua area, yaitu zona zoogeografi Asia dan zoogeografi Australasia.
Pulau Komodo menjadi habitat alami komodo

Komodo adalah salah satu binatang purba yang masih ada dan hidup hingga saat ini. Kadal terbesar di dunia ini panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Secara alami, komodo hanya ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, Flores, Rinca dan beberapa pulau lain di Nusa Tenggara. Hingga saat ini, fakta mengenai sejak kapan komodo berhabitat di Pulau Komodo dan mengapa tidak ada di negara lain, masih menjadi sebuah misteri yang belum berhasil dipecahkan. Masih banyak fakta-fakta menarik lainnya mengenai Indonesia yang perlu Anda ketahui. Dengan mengenal atau memahami lebih dalam, maka apresiasi kita terhadap mahakarya Indonesia akan tumbuh secara alami.

 Jika kita benar-benar cinta terhadap Indonesia seharusnya kita menjaga dan merawat Negeri kita ini, namun kita juga harus mengenal Bangsa Indonesia ini dengan baik, karena "jika tak kenal maka tak sayang". Jadi jika kita sayang dengan Bangsa Indonesia kita harus mengenal Bangsa Indonesia.

Saya suka tulisan ini karena ditulisan ini terdapat informasi tentang keunikan-keunikan yang ada di Indonesia. Dan ada salah satu kata-kata yang saya sukai, yaitu "TAK KENAL MAKA TAK SAYANG" setelah membacanya saya mulai berfikir jika memang kita sayang maka kita harus mengenalnya dengan baik dan kalau bisa kita harus mengenalnya secara mendalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar